Thursday, April 10, 2014

Hidroponik sederhana (d'beginning for beginner)

Berawal dari temu kangen kawan lama, berbuah ilmu baru bercocok tanam tanpa media tanah, cocok buat yang rumahnya ga ada halaman, cocok buat yang males nyiram tanaman setiap hari. 
asik-asik... me-bangeud.. :D

temu kangen sambil ber-hydroponic ^^

Menghijaukan rumah tapi ga pake tanah? trus pake apa dong?
Pake media air aja. Hidroponik solusinya. mudah, dan ga usah repot-repot nyiram tiap hari. Apa itu hydroponik dan gimana caranya, yuk kita belajar bareng.

Sebelumnya mari kita kenalan dulu dengan yang namanya HIDROPONIK. kalo hasil googling sih, hidroponik adalah cara membudidayakan tanaman dengan menggunakan media air atau tanpa media tanah (soilless). lengkapnya silahkan dibaca sendiri di wikipedia ;)
Sebelum mulai menanam, siapin bahannya dulu ya..
ga harus pake yang baru, barang bekas pun jadi, asal bentuknya memungkinkan untuk dipakai.

1. Baskom/ wadah untuk menampung air dan nutrisinya (jangan yang bening)
perlengkapan ber hidroponik ^^

rockwool
2. Rockwool, potong kotak kecil kira2 2cm. atau bisa diganti sekam bakar.
netpot
3. Netpot untuk wadah rockwool dan benih tanaman (bisa memakai gelas bekas air mineral atau wadah bekas lainnya, dan beri beberapa lubang kecil di bawahnya)

4. Kain perca flanel untuk menyerap air dan nutrisi. Potong memanjang.
5. Sterofoam, buat seukuran baskom dan lubangi bagian tengahnya untuk penyangga netpot sekaligus berfungsi menutupi air agar tidak terkena sinar matahari. kalau air dan nutrisi di dalam wadah terkena sinar matahari akan tumbuh lumut yang nantinya akan mengganggu proses pertumbuhan tanaman kita.
6. Benih. bisa dibeli di dinas pertanian atau toko-toko benih tanaman.
7. Nutrisi. bisa diperoleh di toko-toko khusus hidroponik (kebetulan saya dapet dari temen, cukup @5ml nutrisi A dan B untuk 1liter air).


Setelah disiapkan semua bahan, saatnya eksekusi.
pasang kain flanel di dasar netpot seperti pada gambar dibawah ini. 










Masukkan rockwool yang telah dicelupkan di air ke dalam netpot








Letakkan netpot di atas sterofoam. Isi baskom dengan air bersih tapi tinggi air jangan sampai menyentuh dasar netpot agar tanaman yang kita tanam tidak busuk. Selama benih belum tumbuh hingga muncul 4daun, air tidak perlu diberi nutrisi.

















Buat lubang di rockwool dengan menggunakan lidi, isi lubang tersebut dengan benih. jangan terlalu dalam memasukkan benih.

Selesai deh...., simpan di tempat gelap (tidak terkena sinar matahari).
Setelah benih pecah dan tumbuh daun lembaganya, langsung pindahkan benih ke tempat yang terkena sinar matahari. tunggu hingga tumbuh 4daun. baru dilakukan langkah selanjutnya.

saran dari teman, selama proses semai, kira-kira 1 minggu (dari menanam biji hingga tumbuh 4 daun), rockwool bisa diletakkan di nampan/baki saja, agar nantinya mudah dipindahkan. cukup menjaga rockwool agar tetap basah.

~ see you next week ^^








3 comments: